Selasa, 29 Oktober 2013

arsitektur komputer

ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitekturkomputeradalahkonsepperencanaandanstrukturpengoperasiandasardarisuatusistemkomputer.Dalamhalini, perencanaandarimasing–masingbagianakanlebihdifokuskanterutama, mengenaibagaimana CPU yang akanbekerja. Beberapacontohdariarsitekturkomputeriniadalaharsitektur von neumman, CISC, RISC, blue gene, dll.
Arsitekturkomputerjugadapatdidefinisikandandikategorikansebagaiilmudansekaligussenimengenaicaramenghubungkankomponen-komponenperangkatkerasuntukdapatmenciptakansebuahkomputer yang memenuhikebutuhanfungsional, kinerja, dan target biayanya.
Padakomputerterdapatberbagaiklasifikasinyadalamhalapapun.Setiapkomputertentunyamemilikiklasifikasimasing-masing.Disinimembahasmengenaiklasifikasiarsitekturnyamenurut Von Neumann dan Non Von Neumann.
Kriteriamesin Von Neumann :
  1.  Mempunyaisubsistem hardware dasaryaitusebuah CPU, sebuahmemoridansebuah I/O system. 
  2.  Merupakan stored-program komputer. 
  3.  Menjalankaninstruksisecaraberurutan.
  4.  Mempunyaijalur (path) bus antaramemoridan CPU
Padatahun 1966, Flyynmengklasifikasikanarsitekturkomputerberdasarkansifatnyayaitu : 
  •  Jumlahprosesor. 
  •  Jumlah program yang dapatdijalankan. 
  • Strukturmemori.
Input (Masukan) Adalahperangkatkeraskomputer yang berfungsisebagaialatuntukmemasukan data atauperintahkedalamkomputer yang berupa signal input atau maintenance input. Di dalamsistemkomputer, signal input berupa data yang dimasukkankedalamsistemkomputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakanuntukmengolah data yang dimasukkan. 
Di bawahinimerupakancontoh input sederhana yang paling sering di gunakanuser :
1.      KEYBOARD
keyboardmerupakansalahsatubagiandarisuatu computer yang paling penting yang berfungsimemasukkan data yang akan di proses.
Secaraumumtombol-tombol keyboard di bagimenjadi :
1) Type Writer key
2) Numeri Key
3) Special Funcion Key
4) Funcion Key
2.      MOUSE

Mousemerupakansalahsatubagiabdarikomputer yang berfungsisebagai cursor, petunjuk, menggambardanmenjalankanperintahpadasetiap program.alatinidinamakan mouse karenaberbentuktikusdanmempunyaikecepatansepertitikus.
TOUCH PAD
Perangkatiniberbentuk flat yang digunakandengancaramenyentuhdenganjaritangankebagian touch pad tersebut. touch pad jugaberfungsisebagai mouse jaripada laptop atau notebook.


PenyimpananSekunder
Ø  Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
Ø  Hard Disk : Removable dan Non removable
Ø  Floppy Disk
Ø  PiringanOptik : CD, DVD
Ø  USB Flash Disk
Ø  Smart Card
Ø  Kartumemori
 BentukPenyimpananSekunder :
1.      RAM (Random Access Memory), jenispenyimpanan primer yang mudahhilang (volatile) karena data akanhilangjikalistrikpadam.
2.      ROM(Read Only Memory), jenispenyimpanansekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpansecara permanent danjikalistrikpadam data tidakakanhilang
3.      Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerjasangatcepatdandigunakanuntukmembantu RAM biasadalam proses data.
Output (Keluaran)Adalahperangkatkeraskomputer yang berfungsiuntukmenampilkankeluaransebagaihasilpengolahan data.Keluarandapatberupa hard-copy (kekertas), soft-copy (ke monitor), ataupunberupasuara.

Dibagimenjadidua, yaitu :
  • Softcopy, terdiri dariduajenis :
Monitor : CRT danLayarDatar (LCD, EL, Plasma) 
  • Hardcopy, terdiridari :
  • Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
  • Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Lebar
  • Computer Output Microfilm (COM)
Sistemkerjakomputersangatdidukungolehpangolahandanpengrakitankomponen-komponen yang sesuaidengansistemdankinerjamasing-masing item dalam personal computer (PC). Salah satufaktorpendukung yang penting agar komputerdapatberoperasidanbekerjasangatlahdidukungolehdasar-dasarpemrosesankomputer yang merupakan proses awalperakitandalam PC sehinggamenjadisuatubentukkerjakomputer yang sempurna.
Dasar – DasarPemrosesanKomputer
ARSITEKTUR KOMPUTER
  • Central Processing Unit (CPU) mengendalikansemua unit sistemkomputerdanmengubah input menjadi output.
  • Unit pengendalian (control unit) membuatsemua unit bekerjasamasebagaisuatusistem.
  • Misalnyaprosesordan arithmetic and logic unit (ALU) merupakantempatberlangsungnyaoperasiperhitunganlogikasertamengolahisipenyimpanan primer.
  • Penyimpanansekundermenyediakantempatuntukmenyimpan program dan data saattidakdigunakan.
UnitInput 
1.      KEYBOARD Memasukkan data dengancaramenekantombol- tombol yang tepat, miripmesinketik yang sebagianbesardilengkapidengantomboltambahan.
2.       ALAT PENUNJUK
• Mouse, suatualatkecil&ringanygmemilikisuatu bola kecildibawahnya&memiliki 1, 2 atau 3 tombol di atasnyadihubungkankekomputerdengansuatukabelhalus.
• Trackball, suatualatpenunjukdimanamenggerakkankursordgncaramemutar bola tanpamemindahkanseluruhalattsb.
• Touch screen, memasukkan data, instruksihanyadenganmenyentuhsatulokasidilayardenganmenggunakanjariatauobjektidaktransparan lain.
• Light pen, untukmenunjukpadalayar.
• Unit remote control.
3.      ALAT PEMBACA OPTIS
Membaca data denganmenyinarisuatusinarterangdiatas data photoelectric disebelah unit pembacaoptis (scanner).
4.      ALAT PEMBACA MAGNETIK
BERBICARA PADA KOMPUTER
§  Pengenalsuarajenis speaker independent system dimana proses pengenalannyadidasarkanpadabagaimanakitaberbicaradaripadaapa yang dikatakan.
  • Teknikinipunmampumengenalpemakai yang berbicaradalambahasaapapun.
PEMROSESAN PUSAT dan PENYIMPANAN PRIMER
  • Penyimpanankomputer (computer storage) adaduabentukdasaryaitu primer dansekunder.
  • Penyimpanan primer biasanyadisebut main memori.
  • Tehnologi IC utkmenyediakan random access memori (RAM) ygdigunakanutkmenyimpanperangkatlunakdan data
  • Read Only Memori (ROM) untukmenyimpan material sepertiintruksipadasaatkomputerdinyalakandan cache memori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar