Rabu, 23 April 2014

Database Buku Tamu

Konsep dasar database adalah kumpulan dari catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah database memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur database: ini dikenal sebagai database model atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah yaitu mewakili semua informasi dalam bentuk tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili dengan menggunakan nilai yang sama antar tabel.
Berguna untuk menyimpan data-data website. Database terdiri dari bermacam-macam jenisnya seperti : mysql, sqlserver, mssql, access, postgree, oracle, dll. Kesemuanya mempunyai kegunaan untuk menyimpan data yang dibutuhkan oleh suatu website. Setiap database terdiri dari beberapa tabel. Tabel berfungsi mengelompokkan data-data yang disimpan dalam database. Penamaan tabel biasanya didasarkan pada kubutuhan penyimpanan data dan penamaannya tidak dibenarkan menggunakan spasi atau tanda baca. Jika dibutuhkan spasi menggunakan tanda underscore (_) sebagai contoh untuk tabel buku tamu biasanya dituliskan sebagai berikut buku_tamu atau bk_tm. Tabel terdiri dari Kolom dan Baris. Kolom biasa disebut dengan field. Pertama kali setelah membuat tabel harus ditentukan juga jumlah field dan setting dari masing-masing field tersebut. Untuk field juga memiliki tipe yang berbeda-beda. 
Pengertian Database, Pengertian, Database,field, int, char,

Selain Tipe Field dan Option Tabel diatas masih terdapat option dan tipe tabel yang lain, jumlah diatas hanyalah yang sering digunakan dan sebagai dasar pembelajaran. Database juga perlu kita lakukan backup berfungsi untuk menjaga jika suatu saat terjadi error pada database kita bisa mengembalikan dengan merestore database yang sudah dibackup. Dengan demikian kehilangan data akan lebih bisa diminimalis. 
Contoh Database :
 Databases Buku Tamu Hotel(Guest Book)
tamu hotel







tamu
asal
waktu
keterangan ttd
no_urut
kode_kota no_urut
no_urut
no_urut
nama
kota
tgl_datang keperluan ttd_datang
gender
kode_provinsi bulan_datang komentar ttd_pulang
alamat
provinsi
tahun datang


kode_kota

jam_datang


Membuat Database harus menentukan field field yang sekiranya berguna dan menghemat memori.. berikut adalah contoh Database Buku Tamu, Database Guest Book, Database Buku Tamu Hotel, Contoh Database.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar